Masa Awal, Radikal, dan Moderat #11

Indonesia melakukan berbagai cara untuk mendapatkan kemerdekaannya. Mulai tahun 1908, muncullah golongan terpelajar yang ingin mewujudkan cita-cita kemerdekaan Indonesia. Masa ini disebut dengan masa pergerakan nasional, di mana muncul organisasi yang bergerak memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Namun, organisasi-organisasi yang terbentuk ini ternyata tidak memiliki konsep yang sama. Terdapat beberapa masa yang dibagi berdasarkan haluan organisasi yang berdiri pada masa itu. Mau tahu? Check this out!


A.      MASA AWAL

1.      Budi Utomo
Pada tanggal 3-5 Oktober 1908, Budi Utomo menyelenggarakan kongresnya yang pertama di Kota Yogyakarta. Hingga diadakannya kongres yang pertama ini, BU telah memiliki tujuh cabang di beberapa kota, yakni Batavia, Bogor, Bandung, Magelang, Yogyakarta, Surabaya, dan Ponorogo. Pada kongres di Yogyakarta ini, diangkatlah Raden Adipati Tirtokoesoemo (mantan bupati Karanganyar) sebagai presiden Budi Utomo yang pertama. Semenjak dipimpin oleh Raden Adipati Tirtokoesoemo, banyak anggota baru BU yang bergabung dari kalangan bangsawan dan pejabat kolonial, sehingga banyak anggota muda yang memilih untuk menyingkir

2.       SDI; SI; PSII
SDI ini pada awalnya bertujuan untuk melindungi kepentingan pedagang pribumi dari pedagang Cina, membuat persaingan perdagangan menjadi sehat. Organisasi ini bersifat agama, ekonomi, sosial, dan politik untuk sementara.

3.      Muhammadiyah
Muhammadiyah pernah mengadakan yang pada awalnya memiliki basis dakwah untuk wanita dan kaum muda berupa pengajian Sidratul Muntaha. Selain itu peran dalam pendidikan diwujudkan dalam pendirian sekolah dasar dan sekolah lanjutan, yang dikenal sebagai Hogere School Moehammadijah dan selanjutnya berganti nama menjadi Kweek School Moehammadijah (sekarang dikenal dengan Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta



B.      MASA RADIKAL


1.       Perhimpunan Indonesia (PI)
Pada tahun 1908, berbarengan dengan berdirinya Boedi Oetomo, di Belanda didirikan perkumpulan pelaja ang dinamakan dengan Indische Vereniging (Perhimpunan India).

Pada awalnya organisasi ini bersifat sosial, tetapi seiring datangnya anggota Indische Paritj, PI berubah menjadi organisasi politik.

Pada tahun 1922 namanya diubah dari Indische Vereniging menjadi Indonesische Vereniging, dan pada tahun 1925 diubah menjadi Perhimpunan Indonesia (PI).

Tujuan PI tegas, yaitu Indonesia merdeka. Selain itu, PI juga bersifat radikal, artinya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, PI bersikap nonkooperatif dengan tidak mau bekerja sama dengan Belanda. Pada tahun 1925 PI mengeluarkan Manifesto Politik sebagai asas ideologi yang meliputi: kesatuan nasional, solidaritas, nonkooperasi, dan swadaya

2.       Partai Komunis Indonesia (PKI)

PKI merupakan organisasi yang berhaluan komunis yang berasal dari munculnya paham Marxis yang dibawa masuk oleh H.J.F. M. Sneevliet, yaitu seorang anggota Partai Buruh Sosial Demokrat (SDAP: Social Demoratische Arbeiders Partij). Organisasi ini tumbuh melalui badan SI yang lama-kelamaan malah memecah SI itu sendiri. Namun, seiring berjalannya waktu, PKI tumbuh denan cepat. Berikut factor-faktornya.

a.       Propagandanya sangat menarik,
b.       Memiliki pemimpin-pemimpin yang berjiwa kerakyatan,
c.       Pandai merebut hati rakyat anggota partai lain, dan
d.       Bersikap tegas terhadap pemerintah kolonial Belanda

Sikap menentang pemerintah kolonial mencapai puncaknya dengan meletusnya Pemberontakan PKI pada tahun 1926. Akibatnya ialah PKI dinyatakan sebagai partai terlarang. Sebagian pemimpinnya melarikan diri ke luar negeri (Musso dan Alimin) serta sebagian lainnya ditangkap dan dibuang ke Digul (Ali Arkham dan Sarjono).

3.       Partai Nasional Indonesia (PNI)

Tujuan PNI adalah untuk mencapai Indonesia merdeka. PNI juga memiliki asas, yaitu berdiri di atas kaki sendiri, nonkooperasi, dan marhaenisme. Beruntungnya, PNI didirikan pada saat yang menguntungkan. Kenapa?
Pada saat itu, pergerakan yang ada lemah. Lalu, PKI telah dilarang. Juga, PNI bersifat radikal dan revolusioner. Dan tentunya, propaganda PNI menarik karena mempunyai propagandis ulung, yaitu Soekarno.
Oleh karena sikapnya yang menentang pemerintah kolonial, para pemimpin PNI dicurigai oleh pemerintah kolonial Belanda. Pada akhirnya, tanggal 29 Desember 1929 menjadi tangal di mana  beberapa tokoh PNI seperti Soekarno, Gatot Mangkupraja, Maskun Sumadireja, dan Supriadinata ditangkap.
Sembilan bulan kemudian, pada tanggal 18 Agustus 1930 keempat tokoh tersebut diajukan ke pengadilan dengan tuduhan mengadakan revolusi. Dalam proses pengadilan itulah Soekarno menyampaikan pidato pembelaan yang sangat terkenal berjudul Indonesia Menggugat. Isinya mengecam keras sistem penjajahan Belanda yang menindas dan memeras rakyat Indonesia.



C.      MASA MODERAT

1.       Taman Siswa
Taman Siswa ini didirikan oleh Ki Hajar Dewantara di Yogyakarta pada tanggal  3 Juli 1922. Mengapa Taman Siswa ini bisa disebut moderat (nonkooperatif)? Pertama, karena organisasi ini bersifat non politik. Lalu, organisasi ini fokus di bidang pendidikan

2.       Partai Indonesia Raya (Parindra)
Karena menunjukkan sikap yang kooperatif dan moderat, maka dapan mendudukkan wakil Parindra di Volksraad. Beberapa alasan mengapa Parindra digolongkan moderat karena organisasi ini berfokus di bidang ekonomi, tidak melawan terang-terangan, tapi mempengaruhi politik dengan perlahan melalui Volksraad

3.       Gerakan Partai Indonesia (GAPI)
Organisasi ini merupakan gabungan dari partai Parindra, Gerindo, PSSI, Persatuan Partai  Katolik, Persatuan Minsahasa, Partai Pasundan. Organisasi ini memiliki 3 asas perjuangan, yaitu (1) hak untuk menentukan diri sendiri, (2) persatuan partai nasional seluruh bangsa indonesia dengan berdasarkan paham politik, ekonomi, dan sosial, dan (3) persatuan aksi seluruh pergerakan indonesia


Begitulah klasifikasi masa-masa organisasi pergerakan nasional, sekarang kamu jadi tahu, kan organisasi apa saja yang memperjuangkan kemerdekaan dengan cara bekerja sama dengan Belanda atau yang tidak mau bekerja sama dengan Belanda?


Semoga bermanfaat ya, sekian! πŸ˜†

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Family Tree #03

Japan is Japan #10