Japan is Japan #10


Image result for jepang

(n)

Jepang merupakan sebuah negara yang terletak di Asia Timur. Jepang termasuk salah satu negara maju yang ada di dunia. Banyak teknologi-teknologi baru yang diciptakan oleh bangsa Jepang. Tak heran kalau sekarang banyak mahasiswa Indonesia yang rela pergi ke negeri sakura ini untuk menimba ilmu tentang teknologi.

Ternyata, Jepang, negara yang sangat maju ini pernah menjajah Indonesia, lho. Walaupun penjajahan ini hanya berlangsung selama 3 tahun, ternyata dalam waktu yang singkat ini Jepang bahkan lebih kejam dari Belanda yang menjajah kita selama beratus-ratus tahun.

Saat pertama kali Jepang datang ke Indonesia, Jepang disambut dengan hangat. Kenapa? Karena Jepang melakukan propaganda dengan menyebut-nyebut bahwa Jepang adalah saudara tua Indonesia. Jepang berjanji akan membantu Indonesia untuk bebas dari tangan Belanda. Namun, lihatlah apa yang terjadi.

Kebijakan-kebijakan yang dilakukan Jepang pada Indonesia sesungguhnya ada yang menguntungkan. Namun, dari semua kebijakan yang Jepang buat, banyaaak sekali kebijakan yang membuat rakyat Indonesia yang tadinya sudah melarat karena Belanda, tambah melarat karena Jepang.

Untuk mempertahankan kedudukannya di Asia, Jepang sadar bahwa ia membutuhkan bantuan penduduk Indonesia untuk ikut andil dalam kemiliteran. 

Image result for barisan pemuda penjajahan jepang

Dalam hal ini, Jepang menggunakan barisan pemuda. Pembentukan barisan pemuda ditujukan untuk mendidik dan melatih para pemuda agar mampu mempertahankan tanah air Indonesia dari serangan pasukan Sekutu. Berikut ini merupakan wajib militer yang dibentuk oleh Belanda:
  1. Seinendan (Barisan pemuda) sejarah mencatat pembentukannya ada yg bulan maret dan ada juga yang mengatakan bulan April 1943,dengan anggota para pemuda yang berusia 14-25 tahun.
  2. Keibodan (Barisan pembantu polisi/ pejuang kewaspadaan),dibentuk pada 29 April 1943.Dengan anggotanya yang berumur 25-30 tahun.
  3. Fujingkai (Barisan wanita) dibentuk pada bulan Agustus 1943.yang berusia 15 tahun keatas
  4. Gakotai (barisan pelajar)
  5. Heiho (Pasukan pembantu) sebagai bagian dari AD dan AL Jepang,dibentuk bulan April 1943,yang berusia 18-25 tahun.
  6. Peta (Pembela tanah air)
  7. Jawa Hokokai (Kebaktian rakyat Jawa).Harus berbakti kepada Jepang.Jepang menancapkan kebijakannya dan bermaksud memanfaatkan rakyat Indonesia untuk kepentingannya
  8. Barisan Pelopor Barisan pelopor ini merupakan organisasi pemuda pertama yang dibentuk pada 14 September 1944di masa penjajahan Jepang yang dibimbing langsung oleh kaum nasionalis Indonesia. Pimpinan organisasi dipegang  oleh Ir. Soekrno dibantu oleh R.P. Suroso, Oto Iskandardinata dan Buntaran Martoatmojo.

Dalam bidang Pendidikan, Jepang membuat kebijakan sebagai berikut:
  1. Mendirikan sekolah-sekolah seperti SD (6 tahun), SMP (3 tahun) dan SMA (3 tahun)
  2. Menghilangkan perbedaan lapisan masyarakat dalam memperoleh pendidikan formal.
  3. Memperkenalkan kegiatan upacara di sekolah-sekolah. Upacara ini diadakan setiap pagi dengan mengibarkan bendera Jepang dan penghormatan ke arah matahari terbit, serta menyanyikan lagu kebangsaan Jepang, yaitu Kimigayo.
  4. Memperkenalkan sistem olahraga di sekolah-sekolah. Setelah melaksanakan upacara pagi, diadakan gerak badan yang disebut dengan taiso, dan lari berbaris yang disebut dengan Jajiasi. Kemudian, diperkenalkan pula permainan Sumo (adu kekuatan dengan saling mendorong dengan tangan)
  5. Mewajibkan siswa hormat kepada guru. Jepang memberikan ancaman dan hukuman apabila ada siswa yang tidak menghormati gurunya, seperti menunduk dan memberi salam ketika bertemu dengan guru.
  6. Sistem pengajaran dan kurikulum disesuaikan untuk kepentingan perang Jepang. Siswa wajib mengikuti latihan dasar kemiliteran dan harus menghapal lagu kebangsaan Jepang.
  7. Setiap guru wajib menggunakan bahasa Jepang. Bahasa Indonesia hanya digunakan sebagai bahasa pengantar, pengganti bahasa Belanda. Dan guru-guru juga wajib mengikuti kursus bahasa Jepang.
  8. Siswa wajib mempelajari bahasa Jepang baik tertulis maupun lisan. Jepang mengeluarkan stensilan yang digunakan untuk belajar bahasa Jepang yang disebut Langkah Pertama dan Langkah Kedua. Selain itu juga diajarkan huruf Jepang. Pada kelas-kelas rendah diajarkan abjad Katagana, kelas tinggi diajarkan abjad Hiragana, kemudian abjad Kanji
Dalam bidang sosial budaya, Jepang membuat beberapa kebijakan, seperti:

Image result for upacara seikerei

  1. Penduduk Indonesia wajib melakukan Seikerei, upacara penghormatan kepada kaisar Jepang dengan cara membungkukan badan ke arah matahari terbit
  2. Pembentukan strata masyarakat dari tingkat paling bawah yaitu rukun tetangga (RT) yang disebut dengan Tonarigumi
  3. Diperbolehkannya bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari. 
  4. Diadakan Indonesianisasi atas nama-nama tempat yang berhubungan dengan Belanda. Contoh, Batavia diubah menjadi Jakarta
  5. Para seniman difasilitasi dengan pangung dan sarana-sarana kesenian lainnya, yang bertujuan untuk kepentingan Jepang, seperti memuji Dai Nippon dan meningkatkan patriotisme dalam mendukung perang Jepang.

Lalu, inilah yang dilakukan oleh Jepang dalam bidang ekonomi:

Image result for penjajahan jepang dalam bidang ekonomi

  1. Didirikannya koperasi yang bertujuan untuk kepentingan bersama
  2. Diperkenalkannya sistem baru bagi pertanian yaitu line system. Sistem ini akan memberikan pengaturan bercocok tanam yang efisien sehingga akan meningkatkan produksi pangan.
  3. Jepang mengeksploitasi SDA dan SDM untuk kepentingan perang
  4. Jepang mengmbil secara paksa makanan, pakaian dan pembekalan lainnya dari rakyat Indonesia tanpa kompensasi.
  5. Terjadinya inflasi dan krisis ekonomi yang sangat menyengsarakan rakyat.
  6. Terputusnya hubungan antar daerah akibat dari self sufficiency.
  7. Kegiatan ekonomi diarahkan untuk kepentingan perang sehingga seluruh potensi SDA dan bahan mentah lainnya digunakan untuk mendukung industri perang.
  8. Penerapan sanksi yang berat oleh Jepang dengan menerapkan sistem ekonomi secara ketat.
  9. Menerapkan sistem ekonomi perang dan sistem autarki (memenuhi kebutuhan daerah sendiri dan menunjang kegiatan perang)
Nah, itukan jaman dulu ya. Sekarang mah, Indonesia sudah merdeka. Jepang sudah dari kapan tahu angkat kaki dari sini. Bahkan, Indonesia banyak menjalin kerjasama dengan Jepang saat ini.

Kira-kira, bisa gak ya kita nyaingin Jepang?

Hmm..

PASTI BISA!

Ini adalah tentang kemauan. Jika kita mau maju, menyaingi Jepang, kita pasti bisa! Tentulah untuk mencapai apa yang kita cita-citakan, perjuangan itu adalah sebuah keharusan. Perjuangan yang kita lakukan selama ini nampaknya bagaikan setitik noda yang tidak terlihat. 

Image result for semangat

Maka dari itu, ayo, tumbuhkan semangat untuk maju, mengalahkan Jepang!

Sources:
  • http://wartasejarah.blogspot.co.id/2014/06/kebijakan-jepang-dalam-bidang.html
  • https://brainly.co.id/tugas/1998750
  • http://www.siswamaster.com/2016/04/dampak-pendudukan-jepang-di-indonesia.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masa Awal, Radikal, dan Moderat #11

Family Tree #03